Sabtu, 11 April 2020

Unpublished Project

Beberapa bulan yang lalu, saya sempat terlibat proyek yang berkenaan dengan data anggaran dimana pada workflow sistem yang akan dibangun melibatkan integrasi antara basis data milik Kementerian Keuangan dengan Kementerian Agama. Sayangnya, proyek ini terhenti begitu saja disebabkan alasan klise 'keterbatasan anggaran instansi' (maksudnya: tidak bisa merencanakan anggaran kegiatan dengan baik). Padahal garapan saya pada sisi branding dan mock-up sudah selesai dan produk ready untuk dipresentasikan pada stakeholder. Hal ini bukan satu atau dua kali menimpa saya, berulang kali, di berbagai proyek. Ranah pemerintahan sejatinya memang seperti itu, produk yang dikerjakan ketika benar-benar butuh seperti ibarat membangun candi semalam, namun jika tidak benar-benar butuh langsung dihilangkan seperti menyapu daun kering di pelataran rumah. Menyedihkan ya? Tapi memang itulah kenyataan yang saya rasakan selama dua tahun mengabdi di lingkungan pemerintahan, mau tidak mau atau suka tidak suka kita harus bisa 'legowo' atau dapat memahami dan menerima segala sesuatunya dengan baik yang dimana kita  juga dipaksa untuk mengendalikan ego idealis yang kita miliki.

Saya merasa bahwa meskipun proyek ini terhenti dan belum sempat diterbitkan ke publik, setidaknya saya bangga pernah terlibat di dalamnya. Here was the unpublished project that I worked some months ago. 




Steal your thought,


Dessy Amry Raykhamna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar