Sabtu, 10 Juni 2017

Pennsylvania [5]: Homemade Nachos

"homemade selalu mengingatkan segalanya tentang kampung halaman"


Nachos, tacos, dan churros adalah beberapa jenis makanan yang ingin saya cicipi di 2017. Nachos dan tacos adalah kudapan andalan Meksiko yang telah lama mendunia. Sedangkan churros adalah jajanan Spanyol modifikasi rasa China (di daratan China lebih dikenal dengan sebutan Cakwe). Meskipun ketiga jajanan tersebut dapat dijumpai di restoran atau cafe di Indonesia, tapi... saya masih penasaran bagaimana dengan kualitas rasa yang asli? Rasa yang bener-bener homemade from Meksiko!

Perjalanan selama beberapa hari di Pennsylvania, Alhamdulillah, berhasil membawa saya mengunjungi salah satu kedai mirip benavides nachos, yang katanya hanya ada di Texas. Sementara jarak dari Philadelphia ke Texas itu jauh sekali, harus flight kalo pengen cepet sampe sana, karena nggak ada jalur kereta. Kalo maksa mengendarai mobil bisa 2 harian lebih. Intinya perjalanan yang akan saya tempuh lebih jauh kalo dibandingkan dengan perjalanan ke Cleveland, tempat dimana mbak sepupu saya tinggal (cerita sebelumnya, klik disini). Sengotot apapun saya, semua itu hampir nggak terjangkau kalo harus kelayapan ke Texas seorang diri. Tapi... Allah menunjukkan jalan lain, bukan ke Texas. Berbekal nanya-nanya ke beberapa pengendara carriage di Philadelphia (kalo di Indonesia sejenis delman), mereka menyarankan saya untuk ke Chinatown! Di Amerika, Chinatown hanya ada di New York, jarak PHL-NY atau perjalanan dari Philadelphia ke Chinatown nggak terlalu jauh, bisa ditempuh pake Axela Express yang menyita waktu sekitar 1 jam-an. Mereka mengatakan Chinatown banyak menyediakan berbagai kuliner mancanegara, mulai jepang sampe meksiko. Kalo bingung nyari oleh-oleh bisa langsung ke Chinatown, karena semuanya serba dijual. Mulai dari gantungan kunci, stempel, postcard, aksesoris, baju, dll ala mancanegara semuanya ada disana. Di Chinatown, saya juga menemukan jajanan benavides nachos, yang hanya dijual di Texas itu! 

Bagi yang belum pernah mendengar, jajanan benavides nachos yang terkenal di Texas itu, adalah mozzarella stick dengan doritos. Biasanya doritos ini dipake buat bahan utama nachos. Doritos ini semacam tortila chips atau kripik happy tos yang dijual bebas di Indonesia. Kalo di nachos ala happy tos, tortila chips disuguhkan bareng parutan keju di atasnya, mirip kaya tampilan nachos di Bureau Coffee and Dine (byoo r -oh). Sedangkan pada jajanan benavides nachos yang saya maksud, balutan tortila chips (sebutan kalo di kuliner Meksiko : doritos) yang dihancurkan kemudian adonan mozzarella digulungkan bersama doritos tersebut dan digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan. Sehingga mozzarellanya akan meleleh dari dalam. Begitu jajanan tersebut dibuka, mozzarella akan keluar memanjang, sepanjang kita menarik. Jajanan yang menarik untuk dicicipi kan?

Nah, karena rasa ingin mencobanya untuk kedua kali masih menggebu-gebu, saya ingin membuat benavides nachos ala Texas yang berhasil ditemukan di Chinatown itu dengan sedikit modifikasi. Karena di market Indonesia, doritos belum dijual bebas, akhirnya saya menggantinya dengan corn flakes yang dihancurkan. Kemudian mozzarella digulungkan ke tepung terigu dan kuning telur yang telah dikocok sebelumnya. Barulah kemudian digoreng, tunggu sampai kecoklatan dan tiriskan. Sedikit resep mengenai homemade nachos ini, check it out!



Bahan :


Mozzarella cheese     500 gram

Corn flakes           250 gram
Daging ham            5 buah
Telur                 1 butir
Tepung terigu         500 gram

Cara membuat :
1. Potong persegi panjang mozzarella cheese, kemudian sisihkan
2. Kocok telur hingga mengembang
3. Guling-gulingkan potongan mozzarella cheese ke dalam telur dan tepung terigu secara bergantian 
4. Ambil sehelai daging ham, kemudian satukan potongan mozzarella cheese dengan daging ham, dan gulung
5. Celupkan kembali gulungan mozzarella cheese dengan daging ham ke dalam telur 
6. Guling-gulingkan gulungan mozzarella cheese dengan daging ham tersebut ke dalam corn flakes yang telah dihancurkan sebelumnya
7. Siapkan penggorengan dan minyak dengan api sedang
8. Masukkan gulungan tadi ke dalam penggorengan dan tiriskan 

Yuk nyobain homemade nachos sendiri ala kamu. Happy cooking! 


send a thousand happiness,




dessy amry raykhamna




Tidak ada komentar:

Posting Komentar